Cara Memulai Bisnis Online – Formula Sukses Menjual Produk Lewat Internet

Membahas topik seputar cara memulai bisnis online. Setiap formula pada setiap individu atau kelompok akan berbeda satu sama lain.

Dari perbedaan tersebut, menurut penulis ada beberapa formula pasti yang menjadi kunci terhadap keberhasilan atau gagalnya bisnis online yang akan Anda mulai.

Kalau Anda sedang memulainya, jangan lupakan formula berikut ini:

  • Lihat peluang dan isi peluang tersebut
  • Tulis konten yang menjual atau paling tidak, menyelesaikan masalah

Semuanya, termasuk Anda dapat memulainya. Untuk informasi lebih jelas tentang formula ini, mari kita bahas di bawah.

Formula Memulai Bisnis Online

1. Lihat Peluang dan Isi

Kita semua setuju, langkah pertama adalah yang terpenting dalam hal apapun. Pun, begitu juga dengan memulai bisnis online.

Kebanyakan orang, akan memulainya dengan mencari produk lebih dulu, baru melihat pasar. Anda tahu, ini 100 persen salah!

Untuk membuat presentasi Anda lebih tinggi, mulailah dari melihat peluang yang ada di pasar. Menggunakan trik sederhana, Anda dapat melakukan hal ini.

Tidak perlu riset yang memerlukan proses panjang, riset sederhana akan menyelesaikan hal ini.

Carilah pasar yang mencari solusi dari suatu masalah, namun tidak kunjung menemukan solusinya.

Terima kasih, berkat internet, pencarian dengan metode riset sederhana ini menjadikannya lebih mudah. Ini masukan untuk Anda memulai riset:

  • Kunjungi forum populer Indonesia seperti Kaskus, atau sosial media populer Indonesia seperti Facebook dan Instagram. Apa yang menjadi masalah, dan apa solusinya. Bila masalah dan solusi berbanding terbalik (lebih banyak masalah), selamat, Anda menemukan pasar potensial.
  • Lakukan riset kata kunci pencarian di Google. Banyak orang mencari solusi melalui pencarian di mesin pencari. Dengan riset sederhana, tidaklah sulit menemukan apa yang dicari orang, namun orang tersebut tak kunjung menemukan solusi.
  • Riset kompetitor Anda. Terdengar unik? Memang benar adanya. Riset ini lebih mudah pada prakteknya. Anda hanya perlu mencari di situs kompetitor Anda dan mencari tahu apa yang mereka lakukan. Buatlah catatan, tulis, dan amati. Dari catatan ini, Anda akan menemukan formula baru tentang produk apa yang harus Anda buat. Mudah, kan?

2. Tulis Konten yang Menjual Atau Menyelesaikan Masalah

Ini adalah elemen penting. Dengan membaca tulisan, orang akan mendapatkan dua hal. Tertarik, atau berbalik. Keduanya dapat terjadi dan pasti terjadi.

Tentu saja, Anda tertarik untuk mengetahui formula agar orang tertarik dengan produk Anda, betul?

Inilah formula untuk membuat pembaca tertarik dengan produk yang Anda jual:

  1. Buat judul yang menarik (clickbait)
  2. Jabarkan dengan betul apa solusi dari produk yang Anda tawarkan
  3. Buat kredibilitas Anda sebagai pembuat solusi dari suatu masalah
  4. Buat rekomendasi atau testimonial dari pemakai produk Anda
  5. Jelaskan produk Anda dengan detil dan manfaat terhadap pemakainya
  6. Buatlah tawaran menarik
  7. Jaminkan suatu garansi yang menarik
  8. Buatlah produk Anda suatu yang sangat sayang untuk tidak dibeli sekarang juga
  9. Jual produk Anda secara langsung terang-terangan pada akhir kalimat.

3. Tentukan Traffic Penjualan

Sebagus-bagusnya produk anda, jika tidak ada traffic (visitor) yang masuk ke sales page anda (baik di marketplace atau website), maka tidak akan terjadi yang namanya penjualan.

Traffic ini pun bisa datang dari berbagai macam sumber, baik dari SEO (Search Engine Optimization), Paid Ads – Traffic berbayar (Facebook Ads, Google, Ads, Native Advertising), dan Traffic Organik yang berasal dari media sosial, seperti Facebook Fan Page, Instagram Business, Twitter, maupun Pinterest.

Kami akan membahas sumber traffic ini secara lebih detil di halaman-halaman kami selanjutnya.

Yang paling penting adalah, tentukan dan fokuskan hanya pada SATU sumber traffic penjualan saja, karena anda tidak akan mungkin menguasai semuanya di awal.

Kesimpulan

Ibarat membangun rumah. Tentu saja pondasi yang kuat akan membuat rumah mudah untuk dimodifikasi. Tiga formula yang baru saja Anda baca adalah pondasi terhadap cara memulai bisnis online dan menjual produk lewat internet.

Tentu saja, penerapan di lapangan agak berbeda.

Layaknya membangun rumah, akan ada kendala yang tidak Anda inginkan. Tapi paling tidak, kalau Anda sudah menerapkan formula di atas, pondasi Anda sudah kuat.