Facebook Ads – 3 Langkah Menguasai dan Menjadi Master Iklan FB!

Dengan big data, Facebook Ads merupakan platform iklan berbayar yang sangat powerful untuk menjadikan website atau produk Anda dilihat oleh banyak orang.

Bukan hanya sembarang orang, tapi orang tertarget yang potensial akan menjadi pelanggan Anda di kemudian hari.

Mungkin, Anda sendiri sebagai pemilik bisnis sudah pernah mencoba betapa hebatnya iklan di Facebook. Namun, karena kurangnya pengalaman dan memang kurang paham menggunakannya dengan efektif, hasilnya biasa-biasa saja. Betul?

Langkah Menjadi Master di Facebook Ads

Kalau Anda pernah gagal mempraktekan iklan di Facebook dan bisa dibilang dibuat rugi karenanya. Mungkin ada yang salah dengan praktek yang Anda pernah kerjakan. Mungkin juga, Anda tidak mempraktekan beberapa hal krusial di bawah ini.

1. Lebih Spesifik Untuk Menjangkau Audiens Tertarget

Gunakan salah satu fitur dari Facebook Pixel, yakni Lookalike Audience. Fitur ini, memungkinkan Anda untuk menyetel hingga se-spesifik mungkin tentang siapa saja orang yang harus melihat iklan Anda.

Dengan algoritma canggih luar biasa, Facebook mampu menyetel iklan Anda menjadi sangat spesifik dan hanya dilihat oleh orang yang benar-benar Anda incar.

Gunakan ini dengan sangat hati-hati agar apa yang sudah Anda keluarkan, akan kembali lagi dan menjadi untung untuk Anda.

Facebook mempunyai kemampuan untuk menentukan impresi iklan Anda menjadi sangat spesifik.

Bukan hanya soal umur, jenis kelamin, dan lokasi saja, Facebook bisa mengatur iklan Anda hingga ke tingkat kesukaan dan pasar tertentu.

Gunakan ini dengan riset yang matang dan gunakan dengan bijak. Bila Anda rugi sebelumnya, mungkin pasar yang Anda masuki memang belum tepat.

2. Siapkan Konten yang Sesuai Dengan Konteks Facebook

Saat ini, Facebook memiliki banyak opsi untuk Anda beriklan. Bukan hanya iklan yang tampil di sidebar sebelah kanan, tapi bisa di timeline, Instant Article (IA), dan Audience Network.

Dengan banyaknya opsi, jangan sampai Anda jadi bingung. Tentunya ini adalah sebuah nilai plus, bukan sebaliknya. Anda bisa memilih dimana letak iklan Anda tampil sesuai dengan pasar yang ingin Anda incar.

Sebut saja, Anda mengincar pasar dimana orang sedang mencari tahu motor sport di bawah 20 juta yang terbaik. Tentunya, Anda bisa melakukan riset sederhana tentang orang-orang di pasar ini.

Biasanya, orang yang sedang mencari barang terbaik dan mempertimbangkannya lebih memilih untuk membaca dengan detil. Jadi, Instant Article adalah salah satu yang cocok untuk iklan Anda tampil.

3. Tes Dulu, Tes Lagi, Tes Terus!

Beriklan adalah tentang eksperimen. Tidak ada pemilik modal yang langsung balik modal ketika pertama kali investasi untuk iklan.

Apapun media iklannya, Anda harus mengetahuinya lebih dulu dengan detil.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui dengan detil? Tentu dengan melakukan testing dan eksperimen.

Anda bisa melakukan pengetesan apapun yang Anda sukai. Tes dengan budget harian Anda, peletakkan iklan, Audiens berbeda, gambar dan kata berbeda, dan yang lainnya!

Jangan ragu dan jangan malu untuk bereksperimen. Marketer yang handal adalah yang lahir dari eksperimen. Setuju?

Kesimpulan

Tidak ada hal yang benar-benar baru dalam informasi ini. Tapi setidaknya, informasi ini memang layak untuk Anda baca.

Terlepas dari Anda sudah mengetahuinya atau belum, tidak ada ruginya kalau Anda ingin menjadi master dalam Facebook Ads.

Dengan segala apa yang ditawarkan oleh platform Facebook, jangan pernah melepaskan mata dan fokus Anda dari traffic yang berasal dari Facebook.