Strategi Iklan – 4 Langkah Beriklan Tanpa “Bakar Duit”

Bila konteks pembahasannya adalah iklan, tentu kontroversi akan terus timbul. Beberapa pihak bilang, iklan tidak menjamin produk laku. Beberapa juga akan bilang, iklan adalah salah satu cara untuk produk menjadi laku dan terjual banyak dalam sehari.

Semua benar dan memang tidak bisa disalahkan. Tapi yang pasti, strategi iklan yang baik dan benar perlu diterapkan ketika beriklan.

Penting keberadaannya untuk memasang strategi yang baik dan benar ketika beriklan. Ketika sembarangan beriklan, sudah sangat jelas hasil yang akan terjadi.

Yap, kerugian biasanya akan terjadi. Terlebih, jangan mengharapkan Anda balik modal ketika beriklan sembarangan. Lebih tepatnya lagi, Anda sedang melakukan proses pembakaran uang sia-sia.

Strategi Iklan Untuk Menghindari “Bakar Duit”

Yang penulis maksud ketika mengeluarkan kalimat beriklan sembarangan adalah, beriklan tanpa melakukan analisis.

Iklan tanpa melihat analisis hanyalah buang-buang waktu semata.

Menurut penulis, beriklan layaknya sebuah eksperimen. Besar kemungkinan untuk gagal, namun ketika berhasil, semua kegagalan akan tertutupi dan akan berhasil terus setelahnya.

Melihat kalimat di atas, tentu Anda sangat tertarik untuk mengetahui strategi iklan yang penulis maksud. Betul?

Menjawab ketertarikan Anda, simak saja formula beriklan tanpa bakar duit di bawah.

1. Iklan Tidak Harus Mengeluarkan Dana Besar

“Kesalahan terbesar marketer adalah berpikir bahwa dana besar untuk dibuang sebagai uang iklan adalah sah dan harus dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Kalau Anda berpikir seperti ini, Anda tidak akan pernah sukses dalam dunia marketing,” menurut Seth Rogan, seorang penulis dan pengusaha.

Iklan juga cukup efektif untuk Anda dengan dana yang sedikit. Ini dua tips untuk Anda:

  • Target konsumen yang dalam mindset membeli suatu produk – bila ada kata kunci “jus diet” dan “jus diet terbaik untuk wanita 30 tahun,” dimana iklan Anda akan dipasang? Tentu bila Anda menargetkan konsumen yang dalam mindset membeli produk, kata kunci yang lebih spesifik dan cocok untuk iklan Anda tampil adalah yang kedua.
  • Lebih spesifik dalam beriklan – jangan menargetkan keyword dengan kata kunci terlalu luas. Selalu sempit dalam beriklan dan lebih pilih target yang benar-benar spesifik.

2. Tes Dengan Kalimat Iklan Berbeda

Iklan berbayar online berbeda 180% prakteknya dengan iklan media brosur. Jadi, jangan praktekan cara iklan brosuran dengan iklan online! Apa maksudnya? Jangan ragu untuk mengganti kalimat iklan Anda berkali-kali dan melakukan banyak pengetesan.

Iklan PPC adalah media yang sangat baik untuk bereksperimen dalam hal kalimat. Click Through Rate (CTR) adalah salah satu faktor keberhasilan sales-letter Anda. Dari banyaknya sales-letter yang Anda buat, CTR yang paling tinggi adalah format iklan sakti yang harus Anda sering gunakan.

3. Tes Target dan Pasar Berbeda

Seperti pada poin kedua, eksperimen adalah kunci untuk menemukan format iklan paling sakti yang efektif untuk Anda gunakan. Jadi, berani untuk eksperimen adalah kunci keberhasilan Anda untuk beriklan.

4. To the Point Ketika Beriklan

Jangan bertele-tele ketika merangkai kalimat sewaktu Anda beriklan. Yang paling singkat, efektif, dan padat adalah yang menarik pengunjung yang melihat iklan Anda untuk melakukan klik. Setidaknya, ketika orang melihat iklan Anda dan melakukan klik, tugas pertama terbesar Anda selesai dan terlaksana dengan baik

Kesimpulan

Eksperimen adalah salah satu elemen penting dalam menentukan strategi iklan yang baik dan benar. Eksperimen juga berarti Anda “membakar duit,” eksperimen adalah salah satu metode untuk mendatangkan uang, dengan lebih dulu sedikit “memanaskan uang.”