Strategi Menulis Deskripsi Produk – Do’s and Dont’s

Suka tidak suka, mau dan tidak mau, Anda akan menghadapi apa yang disebut dengan membuat deskripsi produk yang Anda jual. Semua perusahaan atau bisnis online mengalami hal ini. Tentu saja, tidak bisa dilakukan sembarangan. Paling tidak strategi menulis deskripsi produk yang baik perlu Anda kuasai.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak Anda, apa pentingnya sebuah deskripsi produk? Bukankah yang terpenting adalah produk itu sendiri? Salah. Yang terpenting memang produk. Tapi yang lebih penting adalah, apakah produk Anda terjual dengan deskripsi yang seadanya dan tidak berarti apa-apa? Tentu tidak.

Manfaatkan deskripsi produk sebagai media persuasif untuk Anda meningkatkan penjualan produk, bukan hanya menulis kata demi kata semata.

Strategi Menulis Deskripsi Produk yang Baik

Fokus Pada Konsumen Tertarget

Jangan pernah mencoba seluruh kalangan yang melihat produk Anda dan jangan pernah mencoba untuk menjual produk Anda ke seluruh kalangan. Fokus pada target konsumen yang sudah Anda tetapkan.

Ketika datang pada masalah menulis deskripsi produk, tulis deskripsi yang ditujukan pada konsumen target Anda. Jangan menargetkan semua kalangan, karena yang akan terjadi adalah, deskripsi Anda tidak ditujukan untuk dibaca kalangan manapun! Yang terjadi? Tidak akan ada pembeli yang membeli produk Anda.

Setiap produk harus memiliki deskripsi yang “padat”, memudahkan kostumer mengetahui fungsi, manfaat, dan alasan harus membelinya sekarang juga.

Perlihatkan Apa Untungnya Membeli Produk Anda

Konsumen tidak perlu membaca spesifikasi, fitur, dan sebagainya. Mereka ingin mengetahui apa untungnya jika dalam saat itu juga membeli. Pun, perlihatkan juga apa kerugian mereka jika tidak membeli produk ini segera.

Apa untungnya? Kenapa harus membelinya? Apakah menyelesaikan masalah? Apakah pantas untuk dibeli? Ketika produk deskripsi menjawab itu semua, percayalah, penjualan produk Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Gunakan Nada Suara Pada Deskripsi Produk yang Kredibel

Sebuah deskripsi produk yang baik adalah tulisan yang ditulis dengan nada suara kredibel. Maksudnya, suatu tulisan akan enak dibaca dengan susunan kata layaknya profesional. Apa keuntungannya? Memberikan impresi dan unggul dari kompetitor Anda.

Perlu Anda ingat, kostumer pasti mengecek toko lainnya, bukan hanya toko Anda semata. Kalau Anda unggul dalam hal ini, tentunya seberapa banyak apapun toko yang dilihat, mereka akan membeli di toko Anda. Percayalah!

Gunakan Format Visual Kata Menarik

Menurut riset yang dilakukan, orang hanyalah membaca 16% keseluruhan kalimat pada sebuah situs. Sisanya? Mata mereka mencari visual menarik yang menonjol pada suatu tulisan.

Gunakan ini sebagai keunggulan dari toko Anda dibanding yang lainnya. Bagaimana menerapkan hal ini? Dengan mengubah format tulisan, font, dan ukuran kata, Anda sudah menerapkannya lebih dari cukup.

Hindari Kalimat Berlebihan

“Artikel ini adalah yang terbaik yang pernah Anda baca seumur hidup,” “Paling baik dibanding website sebelah!” “Tidak ada yang lebih baik dibanding situs ini.”

Apa impresi Anda setelah membaca sedikit kalimat di atas? Muak, bukan? Jangan mempraktekan hal itu pada sebuah deskripsi produk. Hindari kata berlebihan yang sangat jauh dari konteks aslinya. Selain membuat kostumer berbisik dari hati kecilnya bahwa ini adalah produk paling jelek yang pernah dilihat, kalimat berlebihan akan membuat Anda seperti website/sales murahan.

Kesimpulan

Strategi menulis deskripsi produk dapat Anda terapkan pada apapun produk yang Anda jual. Tidak terbatas dan memang sangat mudah penerapannya. Bila Anda tidak juga menerapkan hal ini, sepertinya Anda tidak ingin menjual 10 hingga 50 produk dalam sehari.