Strategi SEO untuk Pemula – Pondasi Meningkatkan Traffic Website

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai strategi SEO untuk pemula, mari kita perhatikan analogi berikut.

Bayangkan sebuah pesawat yang terbang tinggi dan bisa mendarat dengan mulus tanpa hambatan. Dengan semua kendala yang ada di udara, faktor eksternal maupun internal, mengapa sebuah pesawat dapat terbang dan mendarat dengan mulus?

Padahal, dari risiko yang ada sangat terlihat kerusakan tertentu dapat terjadi. Apa kuncinya?

Satu yang paling utama: pengecekan berkelanjutan.

Sebelum seorang pilot lepas landas, dilakukan pengecekan lebih lanjut pada sebuah pesawat. Pengecekan berkala juga sebelumnya sudah dilakukan.

Namun, pengecekan berkelanjutan secara terus-menerus tetap diperlukan untuk memastikan semuanya berjalan sempurna di udara.

Mengapa Membahas Hal di Atas?

Tentunya, seorang pebisnis online maupun konvensional dapat berkaca dari kasus di atas ketika menerapkan strategi SEO.  Merencanakan langkah selanjutnya untuk blog atau website penting adanya.

Pengecekan berkelanjutan memang tidak mencegah Pinalti Google datang.

Tapi setidaknya, dengan pemeriksaan berkelanjutan, Anda akan mendapatkan hasil ranking yang tinggi di mesin pencari.

Pemeriksaan Berkelanjutan Konten Adalah Strategi SEO Vital

Konten adalah awalan dari semuanya. Konten yang bagus adalah pondasi dari sebuah website untuk dapat mengembangkan sayapnya dan terbang sempurna layaknya pesawat di udara.

Jadi, sebelum Anda menulis konten, pastikan Anda sudah melakukan pemeriksaan berkelanjutan terhadap konten website Anda.

1. Pilih Keyword yang Sudah Stabil dan Bagus

Banyaknya website yang menawarkan jasa riset keyword saat ini adalah sinyal yang bagus untuk SEO. Anda tidak akan lagi kesulitan mencari keyword matang dan bagus sebagai kata kunci utama konten website.

Bahkan, tools riset keyword dasar seperti Google Keyword Planner berguna dan lebih dari cukup asalkan Anda handal dalam memilah keyword dan melihat pesaing.

Beberapa alat untuk mencari keyword, antara lain:

  1. Google Keyword Planner
  2. Keyword Revealer
  3. Ubersuggest
  4. SEMrush, dan lainnya

2. Riset Kompetitor

Bukan hanya keyword yang harus Anda riset, jangan lupakan kompetitor Anda.

Sederhana saja, semisal Anda sudah mendapatkan kata kuci utama untuk ditembak, lakukan pencarian di browser Chrome Anda dengan menggunakan mode privat (Incognito Mode).

Lihatlah website urutan 1-10 di keyword incaran Anda. Itu adalah kompetitor Anda.

Jangan pedulikan lainnya, yang harus Anda fokus adalah website pada urutan 1-10, fokus pada cara mengalahkan kompetitor Anda. Bagaimana caranya?

Melakukan riset sederhana dengan cara melihat website pesaing langsung dapat Anda lakukan.

Apa yang mereka lakukan? Apa kekurangannya? Apa yang membuat website Anda lebih baik dan lebih cocok berada di ranking teratas? Cari dan temukan.

3. Buat Konten Terbaik yang Berbeda Dari Kompetitor

Setelah Anda selesai melakukan riset sederhana, Anda dapat menyimpulkan konten yang ada di kompetitor. Buatlah konten yang lebih baik dan berbeda.

Buatlah robot Google menentukan bahwa konten yang halaman website Anda tulis berbeda dan layak dibaca pengunjung organik.

Konten baik adalah konten yang bagus ketika dijelajahi oleh robot, dan enak dibaca oleh manusia. Mungkin ini adalah bagian sulit dari strategi SEO.

Namun penerapannya lebih sederhana ketika Anda langsung terjun ke medan perang SEO.

Sekadar masukan, buatlah konten yang To The Point. Jangan buat konten yang mengada-ada, dan berbelit.

Kesimpulan

Apapun jenis website Anda dan apapun tujuan Anda ketika membuat website, strategi SEO penting keberadaannya untuk Anda pahami.

Kalau hal ini adalah medan tempur baru untuk Anda, membaca tidak akan sulit karena informasi sudah banyak tersedia.

SEO bukanlah hal baru. Semua orang bisa mempelajarinya dengan bermodal keinginan semata.

Bila Anda selesai membaca artikel ini, berarti Anda adalah orang yang mau belajar. Selamat!